Cara memperbaiki Komputer Rusak

Label:
Beberapa Orang "yang punya komputer di rumah" hehe" pasti pernah mengalami Komputernya Rusak, Komputernya ga bisa menyala lah, Ga mau masuk Boot, atau malah sudah masuk Boot tapi malah Crash, Nah sekarang saya akan berbagi beberapa tips dari kerusakan-kerusakan Komputer tadi.
Cara menyelesaikannya sebagai berikut:
1. Komputer mu Tidak mau menyala
    - Coba pindahkan colokan powernya ke PC lain
    - Kalau Laptop mu yang rusak, Cobalah dengan baterai atau Adapter yang lain (Kalau kita punya)
    - Jika 3 langkah tersebut tidak mempan juga berarti kerusakan terjadi pada Motherboard atau Power Supplynya, kecuali kita memiliki cadangan, maka cara yang lain harus mengganti dengan yang baru

2. Komputer tidak bisa masuk Boot
    - Nyalakan Komputer seperti biasa lalu tekan tombol F8 secara berulang disaat proses Boot, Nanti kita akan dihadapkan pada pilihan Boot dan salah satunya adalah "Save Mode".
    - Kemudian Pilih Save Mode, Uninstall aplikasi terakhir yang kita Install sebelum Komputer error, Update semua Driver Komputer kita, "Jika diperlukan mendownload Driver yang baru kita bisa pilih Save Mode with Networking" Lalu buka aplikasi System Restore "Start Menu, Accessories, System Tool, System Restore" untuk mengembalikan pada titik dimana komputer kita dapat berjalan dengan baik.
     - Jika "Save Mode" juga tidak bisa berarti Harddisk kita yang bermasalah, Cari cd recovery dan Boot dengan menggunakan CD tersebut, dan simpan data-data penting di Harddisk untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang buruk.
     - Jika kita mendengar suara dari komputer saat proses startup kemungkinan BIOS memberitahu bahwa salah satu komponen di komputer kita ada yang bermasalah, seperti Kipas processor yang tidak terpasang dengan benar atau Power Supply yang bermasalah. Bunyi suara dari komputer ini tidak memiliki standar sehingga langkah terbaik adalah mencobanya di Komputer yang lain dan melihat website pembuat BIOS untuk mengetahui komponen mana yang bermasalah.

3. Nah Jika windows berhasil masuk Boot tetapi langsung Crash
    - Update semua Driver, yang pertama update Driver penting yang disediakan oleh pembuat komputer atau Motherboard, kemudian Driver untuk Peripheral dan perangkat tambahan lainnya, dan jangan lupa untuk meng-update Bios
   - Kalau komputer kita langsung Crash setelah Startup, Coba untuk Uninstall semua dan Download yang baru dan cek aplikasi Startup serta proses background untuk melihat masalah yang terjadi, kita dapat melihat langsung proses-proses yang berjalan Di Task Manager atau kalian bisa menekan tombol Ctrl-Alt-Del dan klik Processes, Untuk bagian Startup, ketikan msconfig di kotak Run dan di tab Startup untuk melihat yang terjadi. Jika ada yang baru kita install disana berarti kemungkinan disanalah masalahnya.
   - Klau windows Crash dan tidak biosa di telusuri, Coba gunakan Antivirus dan Scan untuk mencari virus atau Malware, dan Jika baru-baru ini kita Install Antivirus dan ternyata tidak bekerja dengan baik, lebih baik kita gunakan Antivirus yang Lain.
   - Masih belum ketemu juga solusinya, Lebih baik kita tanya Om Google dan cari solusi yang terbaik yang bisa memperbaiki masalah komputer anda hehe"
   - Masih juga belom ketemu terpaksa Install Ulang windows, Backup data kita, install ulang Harrddisk
Sekian Sharing dari saya maaf jika ada salah-salah kata
Sumber : blog wandi

0 komentar:

Posting Komentar